Roy Suryo tentang sms santet

SMS Merah Berakibat Kematian, Cuma Isu
Semarang, CyberNews. Beredarnya short message service (SMS) merah yang konon  dapat membuat si penerima SMS tewas seketika, menurut pakar telekomunikasi, Roy Suryo itu hanya isu. Dia juga tak percaya sama sekali bahwa SMS tersebut   telah banyak menelan korban, baik di Jakarta maupun daerah lain.

”Kalau menurut saya, itu hanya sekadar isu. Dan korbannya tidak pernah dapat dilacak. Seperti halnya dulu pernah diisukan, apabila menyalakan hand phone di SPBU, maka SPBU nya dapat meledak. Itu juga isu yang tidak pernah dapat dibuktikan kebenarannya,” tuturnya, pagi tadi.

Dia justru sangat memprihatinkan, mengapa hal-hal yang berbau teknologi ditumpangi dengan permasalahan yang tidak logis. Untuk itu dia minta, agar pemerintah dapat meredamnya dan tidak perlu mengusut lebih jauh, pihak-pihak mana yang akan memperoleh keuntungan. “Tentu saja pihak operator akan memperoleh keuntungan dalam hal ini,” tegasnya.

Disinggung tentang kemungkinan dapat diusut siapa penyebar awal SMS tersebut, Roy Suryo mengatakan bahwa hal itu bisa saja dilakukan. tentu saja dengan menjalin kerjasama dengan beberapa operator telepon. Namun menurut dia, yang justru harus dicermati adalah, dengan adanya imbauan atau peringatan, bahwa pada hari tertentu HP sebaiknya dimatikan sampai pukul 10.00, karena SMS merah dipastikan akan beredar.

“Ini justru sangat berbahaya, karena tindakan semacam ini dapat digunakan untuk kegiatan penipuan. Misal, si A diimbau agar HP nya dimatikan, sementara pihak keluarga si A sedang dijadikan sasaran untuk kegiatan penipuan dan keluarga si A tidak dapat menghubungi HP si A. Dengan begitu tindakan penipuan yang dilakukan pihak-pihak tertentu dapat berjalan mulus,” katanya.

Diinformasikan, SMS merah tersebut diduga pertama kali beredar dari sebuah HP yang berasal dari Sumatra Selatan. Roy Suryo menduga, apabila SMS tersebut terus menerus ditanggapi, tidak menutup kemungkinan lain waktu akan muncul lagi SMS-SMS serupa. “Kalay sekarang yang beredar adalah SMS merah, nanti dapat pula muncul SMS kuning, SMS hijau, dan sebagai,” ujarnya.

Hanya diakui, SMS merah yang sangat meresahkan itu, kini sudah beredar secara merata ke seluruh wilayah Indonesia. Sementara dari Departemen Telekomunikasi dan Informatika, Gatot mengatakan, guna mencegah isu-isu dari orang yang tidak bertanggung jawab, maka pihak operator wajib menertibkan validasi registrasi dari para pengguna HP.

http://www.suaramerdeka.com/beta1/index.php?fuseaction=news.detailNews&id_news=5513

11 Responses to “Roy Suryo tentang sms santet”

  1. tapi temenku ada lho yang dapet kayak gitu..hpnya jadi merah.tapi langsung dihapus tanpa membaca karena takut…btw,gimana mekanismenya kok bisa layarnya jadi merah gitu???

  2. mungkin efek psikologis? Karena ketakutan dengan peringatan sms merah akhirnya layar yang harusnya ga merah seolah jadi merah.

    ~cuma mengira-ngira aja, jangan tanya buktinya ma gw.

  3. jangan2… isu ini sengaja dibuat untuk mengalihkan perhatian masyarakat pada multiproblem yang sedang dihadapi.

    Roy Suryo sebagai ahli IT sudah membantah. Jangan percaya gituan… Smg kita terhindar dr sgala macam bahaya. Banyakin doa…

    Tp bnr jg ya, ko tulisannya bisa merah gt..??

  4. Mari berpikir secara logika. Apa yang dilakukan oleh ponsel sehingga bisa seperti itu?

  5. kalo HPnya monokrom apa bisa jadi berwarna merah juga?????

  6. Sms merah? mati karena infra merah dari HP?

    Yah…seperti kata wakil presiden BBM:
    “Aya-aya wae…”

    hehehe…

    “Plis deh ah!”

  7. Ya,itu cuma rekayasa aja.Yg pntg kt percya aja ma yg d ats n jgn mudh tergoda ma hal yg gtuan.Key

  8. Ass.

    nggak ada tuh..berita itu…..nyang meninggal dibengkalis itu ya kebetulan aja… dikaitkan dgn sms itu cuman isu belaka.
    (kebetulan sy domisili di riau)

    kita ini muslim, namun masih percaya dgn hal2 syirik semacam ini.

    Percaya sama Allah aja. Jika Allah beri musibah tidak satupun yg bisa nolak, dan jika Allah tidak izin beri musibah satupun tak bisa memberi.

    Percaya deh sama Allah saja.

    mas suro benar itu.

  9. roy suryo masih laku yah ? 🙂

  10. lah,
    yang kayak gitu mah gak perlu tanyak roy suryo. tanyak aja tempat reparasi hp pasti jawabannya lebih pas ketimbang roy suryo. =))

    Tapi inget, Idup mati udah ada yang ngatur, klo lu percaya sama sms santet itu ya elu berarti ndak percaya ma tuhan.

    moga aja yang buat hoax sms itu dapat balesan nya. karena telah membuat banyak orang menjadi musyrik.

  11. akhirnya dah ketaun pelakunya kan…kalo ga salah anak smu cewek gitu deh….

    dia juga ga niat utk bikin heboh tp sayangnya seluruh nusantara malah geger.
    sensasional juga ya

Leave a comment